Tips Menulis


Sering kali semangat saya untuk nulis mengebu tapi waktu tidak mendukung. Sering pula, saat saya semangat nulis, sampai di depan Laptop, semangat itu hilang. Seperti seorang pria tak bisa menyatakan cinta pada gadis pujaannya. Yang dilakukan hanya diam, begong, bingung, sesekali garuk kepala (Bukan stres loh, tapi ada kutu yang gigit) itu yang saya alami sekarang. Jadi bete kalau sudah kehilangan huruf gini. Hihi

Berdasarkan pengalaman saya, kebingungan saat menulis terjadi karna jarang baca !!! seperti yang dikatakan Kang Mahbub Djamaludin (Penulis Novel Pangeran Bersarung), "Penulis yang baik adalah pembaca yang baik".

Pertanyaannya sekarang adalah sudahkah kita menjadi pembaca yang baik? ini PR bagi seorang penulis. Berhubung saya bukan penulis, jadi silakan anda yang jawab.

Otak saya miring beberapa derajat ke kanan. Ah, itu sebenarnya tidak penting. Tadi cuma habis baca fungsi otak kanan dan otak kiri. Jadi bawaannya pingin nulis masalah otak. Saya putuskan sendiri, kalau otak saya lebih banyak yang di kanan. Belum bisa saya verifikasi di Dokter Boike loh (Ini otak kepala, kog malah nyambung ke otak lainnya).

Kunci dari menulis hanya dua, yakni rajin membaca dan menulis. Meski anda ikut ratusan pelatihan kepenulisan tapi tidak melakukan dua hal tersebut. Itu sama saja omong kosong.

Menulis itu seperti belajar mengayuh sepeda, awalnya mungkin kita sering jatuh, namun jika dilakukan terus menerus kita akan bersepeda dengan lancar. Tidak ada yang istan kalau pun ada itu cuma Mie (bercanda, jangan dimasukan hati loh. hehe).

Lingkungan sangat menentukan, jika kita ingin belajar menulis ya...bertemanlah dengan para penulis bukan penjahit. Terkait gaya tulisan, itu bebas. Suka-sukanya kita. Tulis saja apa yang anda pikirkan (Seperti pertanyaan Facebook saja). Mau itu soal persahabatan, cinta, lingkungan, atau yang lainnya.

Lantas nunggu apa lagi....

Jika anda bukan anak presiden, anak kaisar, anak pejabat, anak kyai, bukan pula anak saudagar kaya. Maka, menulislah agar engkau di kenang oleh sejarah.

Ngisi Pelatihan di Klaten


Ngisi Pelatihan di Man 1 Cilacap

Comments