Skripsi; Perjuangan Setengah Hati

Beberapa minggu ini sok sibuk ngarap skripsi. Mondar-mandir ke kampus. Bawa tas gede. Jalan cepat-cepat, langsung menuju ruang dosen, ketemu dosen pembimbing. Ah, mahasiswa tua.

Sebenarnya sudah dari semester kemarin saya seminar proposal skripsi. Tapi, kurangnya motivasi mengerjakan membuat tugas ahir ini hanya jalan di tempat. Rapi dalam rak saja. Skripsi saya adalah jenis penelitian lapangan dan berhubungan dengan instansi pendidikan. Ternyata setelah survei dan datangi lokasi penelitian, saya merasa males. Apalagi harus berurusan dengan birokrasi dan bangun pagi.

Kepercayaan diri yang pada awalnya terbangun, kini mulai retak. Tak kala izin saya di tolak oleh subyek penelitian. Entah kenapa alasannya, saya pun tak tahu.

Barangkali, saat-saat seperti ini saya harus banyak dengar ceramahnya Mario Teguh *mulai Lebay*. Mungkin saat inilah saya harus kembali menata niat. Membanggakan orang-orang tersayang. hiks

Comments