Upgrading Kru Buletin Matapena


Minggu, 16 Desember 2012 14:34 Ditulis oleh MF
YOGYAKARTA. Di Rumah Kreatif Matapena yang baru, anggota redaksi buletin yang baru mengadakan diklat seputar jurnalisme pesantren dan Ke-Matapenaan. Dari Pemateri yang pertama, Bpk. Akhmad Fikri AF., peserta yang berjumlah sepuluh orang mendapatkan banyak informasi seputar sejarah berdirinya Komunitas Matapena seta berbagai macan genre aliran sastra yang berkembang pasca reformasi. Kata Pak Fikri, "Aliran sastra Komunitas Matapena ada di antara dua aliran besar yang berkembang di Indonesia. Yakni antara genre checklite-tenlite dan Islam perkotaan."

Lebih lanjut, disampaikan juga bahwa dengan munculnya aliran sastra pesantren ini, tidak serta merta tanpa halangan. "Menurut saya," kata Pak Fikri, "tantangan Matapena ke depan antara lain bagaima para santri mampu menggunakan fasilitas social media sebagai sarana belajar mereka." Diklat yang diselenggarakan sejak pukul 10.30 WIB tersebut, rencananya akan dibatasi sampai pukul 15.00. dilanjutkan dengan acara tasyakkuran Rumah Kreatif yang baru.

Sesi berikutnya, dengan pemateri Mbak Isma Kazee (Ketua Komunitas Matapena), peserta diajak mengenal lebih dalam seputar dunia jurnalistik secara umum dilanjutkan pada jurnalisme pesantren.

Dalam hal ini, menurut Khanif Rosidin (PU Buletin Matapena), jurnalisme pesantren dimaksudkan pada jurnalisme yang fokus pada khazanah pesantren. Pada praktiknya, dalam diskusi materi ini disinggung soal perbedaan mendasar dari berbagai macam bentuk tulisan.
Misalnya perbedaan antara fiksi dan non fiksi, artikel dengan esai, dan seterusnya. Berlanjut pada sesi berikutnya, peserta diajak mendalami dunia grafis. Kebutuhan materi ini, menurut Khanif, dimaksudkan agar seluruh peserta juga paham akan adanya kebutuhan layouting kaitannya dengan project yang akan mereka garap. "Sehingga seluruh anggota redaksi dapat bekerja secara maksimal," kata lelaki bercambang tipis ini.[MF]


Nb: Tulisan ini gue ambil dari Website komunitas Matapena, di mana gue jadi anggota sekaligus PU di Buletin Matapena. Tulisan asli dan fotonya bisa dilihat di link bawah ini:
http://komunitasmatapena.com/index.php?option=com_content&view=article&id=180:upgrading-kru-buletin&catid=14:kabar-kegiatan&Itemid=303

Comments