Pembersihan Orang Miskin

Keterangan Film The Purge: Anarchy 
July 18, 2014 (USA)
104 minutes
Thriller, Horror, Action Film

Film The Purge Anarchy - Apa jadinya jika ada kegiatan pembersihan orang miskin? Bisa dibayangkan banyaknya korban yang akan berjatuhan. Apalagi jika ini terjadi di Indonesia *habis kayaknya rakyatnya, loh-loh saya malah ngelantur

Berseting Amerika tahun 2023, di mana tingkat pengangguran di bawah 5%, kejahatan dianggap tidak ada, sementara setiap tahun jumlah orang yang hidup di bawah garis kemiskinan menurun. Semua berkat tim The Purge. Tim ini dibentuk Donald Talbot (Bapak Pendiri Negara Baru) ketika terpilih 9 tahun yang lalu.

Program pembersihan ini dilakukan untuk mengamankan bisnis dari wabah kejahatan yang merajalela di Amerika. Tahun 2023 merupakan pembersihan tahun keenam. NFFA menjadi kelompok penentang program ini. Bagi mereka ini semua hanya tentang uang. Ayah Eva mengorbankan nyawanya pada orang kaya demi uang seratus ribu dolar. Orang kaya membeli orang sakit dan miskin membawa mereka pulang dan membunuh mereka dengan nyaman.

Pejabat pemerintah telah diberikan kekebalan. Setiap dan semua kejahatan, bahkan pembunuhan akan diizinkan selama 12 jam. Kantor Polisi dan ambulans tidak akan tersedia sampai pagi.

Selain sebagai ajang pembersihan orang miskin dan penjahat, ternyata program tahunan ini dijadikan ajang balas dendam. Demikian tergambar dalam film ini. Sang tokoh utama (Anonim, tidak disebutkan namanya) berencana menghabisi nyawa orang yang telah membunuh anaknya. Dalam perjalanan menuju rumah ‘target’, ia melihat dua perempuan, Eva dan Kelly, sedang ditangkap dan akan “dibersihkan”. Terjadi pertentangan batin dalam diri tokoh utama, antara menolong atau membiarkannya. Akhirnya ia memilih menolong Eva dan Kelly.

Disaat bersamaan Sean dan pacarnya ternyata sudah masuk mobilnya. Drama pun dimulai. Mereka berlima menjadi sasaran pembersihan. Ditenggah perjalanan penyelamatan diri ini, mobil yang mereka tumbangi rusak.

Mereka memutuskan berjalan menuju rumah teman Eva untuk meminjam mobil. Dalam proses pelarian, mereka ditangkap oleh kelompok yang memanfaatkan program ini untuk mendapat uang.  Mereka dijual kepada orang-orang kaya yang ikut berpartisipasi dalam program pembersihan.

Mereka berhasil selamat berkat bantuan NFFA, hanya saja nyawa Sean tidak dapat ditolong  akibat peluru yang menembus dadanya. Di saat-saat waktu pembersihan hampir habis, tokoh utama kembali meneruskan niat awalnya, yakni membunuh orang yang telah menghilangkan nyawa anaknya.
Ia datang ke rumah targetnya. Tak ada perlawanan berarti. Ia dengan mudah menangkap dan membunuhnya. Disaat semua seperti berjalan dengan sempurna. Tanpa disadari ia ditembak komandan The Purge.

Disini terkuak siapa sebernarnya tokoh utama ini. Ia tak lain adalah seorang sersan. Bukankah aturan pembersihan tertulis dilarang "Menyelamatkan nyawa", Sersan. Demikian kata komandan pembersihan.

Detik-detik sebelum kembali ditembak, sang komandan ditembak lebih dulu oleh anak pemilik rumah. Waktu pembersihan habis. Eva dan Kerry langsung membawa sersan tersebut ke rumah sakit.


Selamat menonton J

Comments