Perjalanan Mencari Buku di Shoping


Salah Satu Toko Buku di Shoping yang Ramai

Beli buku bagi saya adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Melihat tumpukan pelbagai jenis genre buku, memilih-milih buku, membaca sekilas isi buku, dan menemukan buku yang dicari sangat asik. Kemarin, selasa (23/12) siang, selepas dari kos teman di daerah Kotagede, motor saya arahkan menuju daerah Malioboro. Tepatnya di toko buku Shoping (komplek Taman Pintar).

Untuk sampai ke Shoping, anda bisa gunakan kendaraan pribadi atau naik bus Trans Jogja turun di Taman Pintar. Akses ke lokasi sangat mudah. Apalagi tempatnya bersebelahan dengan Taman Pintar, TBY(Taman Budaya Yogyakarta), Pasar Bringharjo dan Malioboro. Jadi tak perlu kuatir kesasar.

Di kalangan orang “kantong tipis”, beli buku di Shoping bisa menjadi pilihan utama. Tak heran, tempat di selatan TBY ini selalu ramai pembeli. Mulai buku baru, buku bekas, majalah, Komik, kamus sampai Koran pun dapat mudah anda temukan.

Ketika kaki saya sampai di Shoping, deretan toko seolah melambai, sapaan ramah pedagang, diskon gede semakin membuat berat kaki melangkah. Satu persatu toko saya lewati dengan sesal. Siang itu saya sengaja niatkan untuk membeli majalah Nasional Geograpic Indonesia (NGI) yang bekas. Pengalaman beberapa kali beli buku di tempat ini membuat saya hafal harus melangkahkan kaki ke mana.

Perlu diketahui bahwa harga Majalah NGI barunya 50 ribu, sedangkan bekas –lebih tepatnya edisi sebelumnya, sisa dari agen- harganya 30 ribu, Saya langsung beli 7 edisi NGI dan 1 buku traveler, sama ibu penjualannya dikasih harga 25 ribu/buku. Mahal kan?eh murah kan..?
Tampak dari Depan, Deretan Toko Buku di Shoping


Kompleks buku Shoping bisa dibilang cikal bakal munculnya beberapa toko buku besar yang ada di Jogja. Salah satunya, toko buku SAB (Social Agency Baru), menurut laporan penelitian Mahasiswa UIN Suka yang pernah saya baca, toko buku ini awalnya juga berjualan di Shoping.

Selain buku-buku dijual dengan harga murah, kelebihan dari tempat Shoping adalah banyaknya buku langka yang bisa ditemukan.

Tips:
-          Sebaiknya beli buku dihari Senin-Jum’at agar terhindar dari kemacetan. Biasanya kalau weekend jalanan sangat ramai, mengingat Shoping bersebelahan dengan Taman Pintar, TBY, Bringharjo dan Malioboro.
-          Harus pintar menawar, siapa tahu anda dapat potongan gede.
-          Biaya Parkir motor 2 ribu, mobil 5-10 ribu (sebaiknya dibayar, biar gak tengkar sama juru parkir, yaiyalah..)   
     

Comments